Pulau Nusa Penida dikenal sebagai tempat wisata di Bali yang indah dan menarik bagi wisatawan. Namun, segala potensi tersebut sebelumnya kurang mendapat perhatian khusus dari Pemerintah. Dan baru sekitar 3 atau 4 tahun lalu, potensi wisata Nusa Penida mulai dilirik oleh banyak kalangan dan akhirnya kini berhasil menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi wisawatan yang berlibur ke Bali.

Bagi Anda yang gemar berlibur dan aktif di media sosial, pasti sudah tidak asing lagi dengan keindahan tempat wisata di Nusa Penida yang foto-fotonya banyak tersebar di berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan khususnya Instagram.

Meskipun begitu, ternyata banyak yang masih bingung bagaimana cara pergi ke Nusa Penida, khususnya cara menyeberang dari Pulau Bali ke Pulau Nusa Penida.

Nah, apakah Anda saat ini sedang berwisata di Bali dan ingin pergi ke Nusa Penida? Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara menuju Nusa Penida dari Sanur.

Cara Menuju Nusa Penida

1. Kapal yang Hendak Dinaiki

Nah, cara ke Nusa Penida dari Sanur menggunakan fast boat merupakan cara umum yang sering dipakai wisatawan. Anda cukup datang ke Pantai Sanur di sebelah timur Kota Denpasar. Lalu setelah Anda tiba, Anda dapat mencari loket tiket resmi penyeberangan fast boat ke Nusa Penida. Tetapi biasanya ada beberapa orang yang akan menawarkan jasa mereka untuk mengantar Anda ke Nusa Penida, termasuk jasa perusahaan fast boat. Dari banyaknya perusahaan fast boat ini, maka mempengaruhi biaya ke Nusa Penida yang cukup bervariasi.

Kapal yang khusus berangkat dari Sanur menuju ke Nusa Penida adalah sebagai berikut:

Caspla Bali, keberangkatan dari Sanur pada pukul: 07.30 dan 16.30 WITA. Sedangkan keberangkatan dari Nusa Penida pada pukul: 07.30 and 15.30 WITA.

Maruti Express, berangkat dari Sanur setiap pukul : 08.30, 10.00, dan 16.00 WITA. Sedangkan berangkat dari Nusa Penida setiap pukul: 07.30, 09.00, dan 15.00 WITA.

Idola Express, berangkat dari Sanur setiap pukul 08:30 dan 16:30 WITA. Berangkat dari Nusa Penida pada pukul 07:30 dan 15:30 WITA.

Dwi Manunggal, keberangkatan dari Sanur pada pukul: 08.00, 11.00, 15.30 dan 18.00 WITA. Sedangkan keberangkatan dari Nusa Penida pada pukul: 07.00, 09.00, 14.30, dan 17.00 WITA.

Waktu yang dibutuhkan fast boat untuk melakukan perjalanan dari Sanur ke Nusa Penida dan juga rute sebaliknya kurang lebih 30 menit. Namun, waktu perjalanan tersebut tergantung pula kondisi laut yang akan diarungi.

Sedangkan, biaya yang harus dibayar bagi wisatawan domestik untuk menaiki fast boat ini berada di kisaran Rp 75.000,- sampai Rp 150.000,- untuk satu kali perjalanan dan kisaran Rp 150.000,- sampai Rp 175.000,- untuk wisatawan mancanegara. Untuk perjalanan pulang pergi, Anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi sebanyak Rp 300.000,- untuk satu orang.

Sekedar saran saja untuk Anda, Anda sebaiknya menanyakan dahulu nama kapal dan jam keberangkan kapal yang ingin dinaiki. Hal tersebut bisa ditanyakan langsung di loket resmi yang berada dekat dengan Pantai Sanur.

Beberapa penyedia jasa penyeberangan ke Nusa Penida juga menawarkan jasa antar dari hotel menuju Sanur untuk selanjutnya menaiki armada kapal mereka ke Nusa Penida dan juga jasa menyeberang dari arah sebaliknya. Biasanya, lokasi penjemputan berada di daerah Ubud, Nusa Dua, Uluwatu, Jimbaran, Seminyak, Legian, Canggu, dan Kuta. Misalnya, Anda baru saja mengunjungi salah satu tempat wisata di Ubud, nah Anda bisa dijemput langsung ke Nusa Penida menggunakan fasilitas penjemputan yang mereka tawarkan.

Tentu saja, untuk dapat menggunakan jasa penjemputan tersebut, Anda membutuhkan biaya yang cukup besar. Untuk perjalanan pulang pergi bagi satu orang dewasa saja, Anda membutuhkan biaya sebesar Rp 726.000,-. Namun jangan khawatir, karena harga tersebut termasuk untuk membiayai fasilitas tambahan yang diberikan, seperti asuransi kecelakaan, cemilan dan minuman. Tentu saja, biaya antar jemputnya yang menjadi fasilitas utama dari harga tersebut.

Namun, jika Anda ingin menghemat biaya transportasi ke Nusa Penida, Anda dapat menyewa perahu tradisional yang dikelola oleh masyarakat lokal yang disebut “jukung”. Ini adalah cara ke Nusa Penida dari Sanur yang cukup terjangkau. Karena untuk dapat menyewa jukung, Anda akan dikenakan biaya maksimal sebesar Rp 40.000,-. Namun, Anda harus bersiap-siap untuk menunggu di perjalanan karena waktu yang ditempuh untuk sampai ke Nusa Penida menggunakan perahu ini adalah sekitar 90 menit.

2. Kendaraan Menuju Pantai Sanur

Tadi kita sudah berbicara mengenai kapal-kapal yang bisa Anda naiki untuk menyeberang ke Nusa Penida. Lalu, bagaimana cara menuju Pantai Sanur-nya? Berikut kami jelaskan.

Jika Anda ingin menggunakan transportasi umum, pertama Anda pergi ke Terminal Mengwi di Kota Denpasar. Lalu, Anda naik angkot ke Terminal Ubung. Sesampainya di sana, naiklah angkot rute Ubung – Tegal sampai Tegal. Terakhir, naiklah angkot rute Tegal – Sanur dan turunlah di Pantai Sanur.

Sayangnya, jika Anda ingin menggunakan kendaraan pribadi atau anda juga bisa sewa motor di Ebalitour, Anda harus menginapkan kendaraan Anda di tempat parkir yang ada di Pantai Sanur. Tenang, tempatnya aman kok. Namun, jika Anda tetap ingin pergi ke Nusa Penida menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa pergi Pelabuhan Padang Bay yang menempuh waktu 1 jam dari Kota Denpasar. Karena di pelabuhan tersebut telah dibuka layanan kapal roro (kapal feri) dengan nama kapal Nusa Jaya Abadi menuju Nusa Penida. Waktu perjalanan yang ditempuh oleh kapal feri ini adalah satu jam, bisa dua kali lipat lebih lama ketimbang jika Anda menggunakan fast boat.

Hal yang sama juga berlaku jika Anda menggunakan kendaraan sewaan. Jika Anda ingin berangkat dari Sanur, Anda mau tidak mau harus menyewa kendaraan lagi ketika sudah sampai di Nusa Penida.

3. Apa Perbedaan Kapal-Kapal Tersebut?

Sekilas, mungkin Anda hanya membedakan jenis-jenis layanan kapal-kapal yang kami sebutkan di poin 1 berdasarkan harga. Sebenarnya, ada lagi perbedaan yang harus Anda cermati, yaitu tujuan akhir dari kapal-kapal tersebut ketika sampai di Nusa Penida.

Jika Anda menggunakan fast boat, Anda akan berlabuh di beberapa pelabuhan, seperti Pelabuhan Banjar Nyuh, Buyuk, Sampalan, dan Toya Pakeh. Oleh karena itu, pastikan Anda menyebutkan pelabuhan tujuan Anda kepada penjaga loket resmi.

Sedangkan, jika Anda menggunakan jukung, Anda akan berlabuh di Toya Pakeh. Lalu, jika Anda memilih untuk menggunakan kapal feri dari Padang Bai, Anda akan berlabuh di Pelabuhan Nusa Penida yang berada di pusat kota kecamatan.

Bagaimana penjelasan kami mengenai cara ke Nusa Penida dari Sanur di atas? Apakah Anda sudah mencatat informasi penting yang sudah kami sampaikan? Semoga perjalanan wisata Anda ke Nusa Penida bisa menyenangkan