Selain Jogja, Bali dikenal memiliki wisata pantai yang sangat indah. Salah satu destinasi yang banyak menyedot perhatian para pelancong selain ke Nusa Penida adalah berwisata di Pantai Pandawa Bali.

Destinasi yang terletak di daerah Kuta ini dulunya sering dijadikan alternatif bagi mereka yang kurang suka suasana pantai yang ramai. Seperti Pantai Kuta misalnya. Karena tersembunyi, tak heran bila sebutan Pantai Pandawa adalah “Secret Beach”.

Walaupun sekarang sudah tak se-rahasia dulu, bukan berarti pesonanya memudar, ya. Daripada cuma mantengin keindahannya lewat gambar Pantai Pandawa Bali, simak ulasannya di bawah ini yuk.

Pantai Pandawa Bali – Upacara Melasti

Berwisata Di Pantai Pandawa

Tak seperti kebanyakan wisata pantai lainnya yang sengaja dipermak untuk menarik pengunjung. Pantai Pandawa Bali malah “terpaksa” dibuka untuk umum karena permintaan pengunjung yang begitu banyak.

Sejarah Pantai Pandawa Bali bermula dari difungsikannya destinasi ini sebagai tempat menjalankan Upacara Melasti. Upacara ini adalah sejenis ritual penyucian diri untuk pemeluk Hindu sebagai persiapan menghadapai Hari Raya Nyepi.

Karena itu, orang orang sekitar menyebut tempat ini sebagai Pantai Melasti. Selain ritual keagamaan, objek yang terletak di Desa Kukuh ini sering dijadikan ladang pengembangbiakan rumput laut.

Untuk bisa menjangkau tempat ini, masyarakat sekitar harus berusaha ekstra keras. Mereka harus rela berjalan paling tidak 4 km, menyusuri jalan terjal serta naik turun tebing untuk bisa menjalankan ritual disini.

Saking terpencilnya, tak ada yang tahu keberadaan pantai ini selain masyarakat sekitar. Sampai suatu hari, beberapa turis asing yang ingin mencari tempat yang lebih privat untuk surfing mulai merambah destinasi yang terletak di Bali Selatan ini.

Hal Asyik yang Bisa Kamu Lakukan Disini

Labelnya sih emang Pantai Pandawa Bali, tapi disini kamu enggak cuma bisa renang, lho. Ada beberapa hal menarik lain yang bisa dilakukan, misalnya:

1. Berjemur sambil Menikmati Panorama

Buat kamu yang bosen banget dengan rutinitas padatnya perkotaan, boleh lah sekali memanjakan mata dengan menikmati pemandangan Pantai Pandawa Bali. Warna biru air yang menyejukan mata disertai dengan pasir putih, bikin adem hati yang melihat.

Kalau enggak pengen kulitmu jadi gosong, ada banyak “payung” yang disewakan. Setiap “payung” dihargai Rp50.000. Tapi payung disini berbeda dengan payung yang biasa.

Istilah “payung” disini adalah 2 buah kursi panjang untuk berjemur disertai dengan satu payung besar di atasnya. Biasanya, para penjual makanan atau minuman di pinggir pantai yang menyewakannya.

Kamu juga bisa sekalian pesan minuman atau makanan selama berjemur.

2. Surfing

Yang punya keahlian dan keberanian menaklukan ombak, bisa banget lho surfing di Pantai Pandawa Bali ini. Malah, aktivitas surfing disini jauh lebih tinggi dari Pantai Kuta, karena pengunjungnya lebih sedikit dari Kuta.

Ombaknya juga cukup bagus, jadi para surfer lebih memilih disini deh. Kamu bisa menyewa peralatan surfing di tenda tenda di destinasi ini. Tapi kalau punya sendiri sih mending bawa aja dari rumah, lumayan ngirit ongkos.

Untuk yang udah pro, waktu terbaik untuk kesini antara bulan Oktober dan April. Tapi kalau yang masih pemula, mendingan main ombaknya bulan antara Maret sampai November aja, ombaknya lebih ramah.

3. Foto Foto

Ini nih yang enggak bakal terlewat kalau berwisata ke Bali. Dan di Pantai Pandawa Bali ini, kamu bisa dapat foto dengan jenis background macem-macem.

Kalau mau bikin foto tema natural, ada birunya air laut yang bisa kamu jepret. Bila pengen punya foto bertema landscape keren, ada tebing tebing tinggi cantik yang bisa kamu jadikan background.

Tebing itu akan kamu lewati saat memasuki destinasi ini. Dan bila kamu naik ke atas tebingnya, kamu bisa melihat seluruh pemandangan dari ketinggian. Cantik deh pokoknya.

Bosen mem-foto air, kamu bisa bikin foto tema budaya. Ada patung Panca (5 bersaudara) Pandawa dan Dewi Kunti yang berjarak tiap 5 meter yang bisa kamu jepret.

4. Massage Refleksi

Capek setelah menempuh perjalanan yang jauh? Segarkan diri dahulu dengan jasa pijat refleksi di obyek wisata ini.  Jasa refleksi ini ditawarkan dari harga Rp. 40.000 – Rp130.000.

Durasinya berkisar 30 – 90 menit. Murah atau mahalnya tarif disesuaikan dengan lama waktu pemijatan dan jenis pijatnya. Ada beberapa tipe jenis massage disini, yaitu Balinese massage, pijat refleksi kaki, pijat relaksasi, Pandawa massage, Shiatsu massage, manicure dan pedicure.

5. Paralayang/Paragliding

Pengen menikmati keindahan seluruh lokasi Pantai Pandawa Bali dari ketinggian? Coba aja olah raga seru paralayang atau paragliding.

Hanya saja, untuk mencoba atraksi ini, kamu harus pergi ke Bukit Timbis dulu yang berjarak 4 km dari destinasi ini. Disini paling tidak ada 3 penyedia jasa paralayang bersertifikat yang bisa membantumu melakukan atraksi adu nyali ini.

Biayanya sekitar Rp450.000 untuk wisatawan domestik dan $73 untuk wisatawan asing. Nantinya kamu akan didampingi pemandu bersertifikat saat terbang.

Waktu terbaik untuk melakukan paralayang antara pagi atau sore. Kamu akan bisa melihat birunya langit dan air laut dipadu kokohnya tebing tebing serta bentangan hijau ladang rumput laut yang menyejukan mata. Nah itu dia hal yang bisa Anda nikmati saat berwisata di Pantai Pandawa dan jangan lupa follow IG: EBALITOUR untuk mendapatkan update promo wisata di Bali