Tabanan adalah salah satu Kabupaten di Bali yang sangat terkenal akan keindahan wisatanya. Banyak destinasi Wisata Tabanan Bali yang tak boleh dilewatkan wisatawan daerah sini, mulai dari wisata kuliner, religi dan alam yang menjadi favorit wisatawan baik mancanegara maupun lokal. Penasaran? Simak daftarnya Wisata Tabanan Bali berikut ini.

Wisata Tabanan Bali

  • Danau Buyan
    Danau Buyan adalah sebuah danau yang terletak di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Danau Buyan merupakan salah satu dari tiga danau kembar yang menurut cerita masyarakat setempat merupakan bagian dari Danau Bratan yang terbelah menjadi tiga bagian. Dari tiga pecahan danau tersebut, Danau Buyan merupakan yang terbesar di antara semuanya. Selain itu, Danau Buyan menyajikan pesona hutan alam yang masih alami.
  • Danau Tamblingan
    Danau Tamblingan adalah salah satu dari pecahan Danau Bratan pada masa lalu yang terpecah menjadi tiga bagian. Lokasinya berada di utara Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Yang menarik dari Danau Tamblingan adalah pesona panorama pagi hari di tepian danau berlatar Pura Dalem Tamblingan yang indah nan cantik. Penamaan Tamblingan sendiri diambil dari bahasa adat Bali da;a, dua kata, yaitu Tamba yang berarti obat dan Elingang yang berarti ingat secara spiritual. Danau Tamblingan belum begitu populer di kalangan wisatawan sehingga masih sepi dan asyik untuk dikunjungi.
  • Kebun Raya Eka Karya Bali
    Kebun Raya Eka Karya atau biasa dikenal dengan Kebun Raya Bali adalah sebuah kebun botani pertama yang didirikan di Indonesia. Pengelolaannya dipegang oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan secara struktural berada di bawah naungan Kebun raya Bogor. Kebun Raya Bali ini resmi berdiri pada 15 Juli 1959 pada era Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Seiring berkembangnya zaman, saat ini Kebun Raya Bali yang berdiri pada ketinggian 1250 hingga 1450 mdpl di tanah seluas 157 hektar ini menjadi kawasan konservasi bagi tumbuhan tropika kawasan timur Indonesia.
  • Air Terjun Sekumpul
    Air Terjun Sekumpul yang terletak di Kabupaten Buleleng ini disebut-sebut sebagai air terjun terindah di Pualu Dewata. Sesuai dengan namanya, Air Terjun Sekumpul terdiri dari sekumpulan air terjun dengan jumlah total tujuh air terjun. Oleh sebab itu para turis atau wisatawan asing yang pernah berkunjung ke Air Terjun Sekumpul menamainya dengan Seven Point Waterfall, sedangkan masayarakat desa adat setempat menyebutnya dengan Air Terjun Pemuatan.
  • Air Terjun Banyumala
    Air Terjun Banyumala terletak di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Lokasinya berdekatan dengan Air Terjun Sekumpul, Air Terjun Gitgit, dan Pura Ulun Danu Bratan di Bedugul. Untuk dapat menikmati lokasi air terjun, pengunjung harus trekking dengan medan yang cukup terjal dan menuruni tebing perbukitan. Aliran air terjun ini cukup jernih dan suasanya masih asri dan sepi, cocok bagi kamu yang hobi blusukan dan bertualang sambil menikmati alam liar.
  • Air Terjun Gitgit
    Air Terjun Gitgit adalah salah satu dari deretan air terjun yang membentang di Kabupaten Buleleng, Bali. Lokasinya berada di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, tak jauh dari lokasi Air Terjun Banyumala di Desa Wanagiri. Air terjun setinggi 35 meter ini merupakan air terjun paling tinggi di Pulau Bali. Lokasinya yang juga masih alami sangat cocok untuk kamu yang ingin berselaras dengan alam dengan bunyi air terjun yang segar dan alami.